BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Korosi
merupakan salah satu permasalahan penting yang harus dihadapi oleh berbagai
macam sektor industri di Indonesia terutama industri perkapalan. Tidak sedikit
biaya yang harus dikeluarkan sebagai akibat langsung dari masalah tersebut.
Menyadari keadaan ini, pengendalian masalah korosi dan penanggulangannya perlu
dilakukan dengan lebih efektif terutama pada aplikasi alat-alat penunjang
produksi pada kondisi-kondisi ekstrem seperti pada lingkungan dengan kadar Cl,
H2S, O2, H2 yang tinggi dan kondisi lainnya, agar dapat berjalan lebih efektif,
efisien dan optimal (Chamberlain, 1991). Korosi merupakan proses atau reaksi
elektrokimia yang bersifat alamiah dan berlangsung dengan sendirinya, oleh
karena itu korosi tidak dapat dicegah atau dihentikan sama sekali. Korosi hanya
bisa dikendalikan atau diperlambat lajunya sehingga memperlambat proses
perusakannya.
Kondisi
alam Indonesia yang beriklim tropis, dengan tingkat humiditas dan dekat dengan
laut adalah faktor yang dapat mempercepat proses korosi. Sekitar 20 Triliun
rupiah diperkirakan hilang percuma setiap tahunnya karena proses korosi. Angka
ini setara 2-5 persen dari total gross domestic product (GDP) dari sejumlah
industri yang ada. Besarnya angka kerugian yang dialami industri akibat
korosi yang seringkali disamakan dengan
perkaratan logam berdasar perhitungan
data statistik dari sejumlah perbandingan di beberapa negara. “Hingga sekarang
Indonesia belum punya data yang kongkret tentang korosi ini. (Widyanto, 2005)
Sistem
perawatan pada kondisi kapal sangat diperlukan untuk menjaga agar suatu kapal
tetap dalam keadaan baik dan layak saat dioperasikan. Masalah yang sering
ditemui di atas kapal sehubungan dengan sistem perawatan adalah masalah korosi.
Selain keadaan lingkungan dari daerah kapal tersebut dioperasikan, cara
penanggulangan dan perawatan kapal terhadap korosi juga mempengaruhi kondisi
dan keadaan suatu kapal terutama dari masalah terjadinya korosi.
Dalam
penulisan penelitian ini penulis mencoba untuk membahas hal-hal yang menyangkut
masalah terjadinya korosi dan penanganannya di atas kapal
Seperti
telah diketahui bahwa pengaruh karat terhadap plat baja dapat mengurangi umur
pemakaian plat, dan ini terus
berlangsung selama kapal tersebut beroperasi, bahkan semakin cepat prosesnya
bila kapal-kapal berlabuh atau diam.
Karena
kondisi kapal dalam keadaan diam maka pertumbuhan karat akan semakin cepat.
Adapun faktor-faktor timbulnya korosi yang terjadi di atas kapal yaitu : kelembapan
udara, adanya konsentrasi oksigen, keasaman larutan, kecepatan arus larutan
yang berhubungan langsung dengan permukaan logam, adanya perbedaan potensil
antar logam, adanya organism yang melekat pada logam, temperature, penggunaan
logam yang strukturnya tidak sama, pengecatan yang tidak sempurna,
pengelasan/pengelingan yang tidak sempurna, kadar garam larutan dan sebagainya.
Dari
uraian yang telah dikemukakan di atas penulis tertarik untuk membuat penelitian
dengan judul Analisis Penanganan Korosi Di Atas Kapal.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan,
penulis merumuskan masalah yaitu sejauh mana proses penanganan korosi yang
dilakukan di atas kapal ?
C. Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memberikan beberapa
masukan dalam hal terjadinya korosi di atas kapal serta cara penanggulangannya,
dimana hal ini adalah merupakan salah satu tugas bagi seorang perwira pelayaran
apabila telah bekerja di atas kapal, khususnya dalam hal perawatan kondisi
kapal dari korosi yang terjadi.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat
penelitian ini adalah sebagai gambaran bagi para perwira di atas kapal bahwa
korosi merupakan suatu proses perusakan material yang terjadi disebabkan
pengaruh lingkungan disekelilingnya. Selain itu memberikan informasi atau
gambaran umum kepada pembaca tentang penanganan
korosi di atas kapal.
E. Hipotesis
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah penulis uraikan di atas, maka penulis mengambil
Hipotesis yaitu : diduga proses penanganan korosi di atas kapal belum berjalan
maksimal atau efektif.
PENELITIAN UNTUK SKRIPSI
DICKY HARDYASTARI
NIT : 11.31.048
NAUTIKA
0 Response to "ANALISIS PENANGANAN KOROSI DI ATAS KAPAL"
Post a Comment